From LN To UN (menurut Dina Atrasina)



Dina Atrasina
(113105003)
Pendahuluan
Pbb ( perserikatan bangsa – bangsa / UN – United Nations ) adalah organisasi Internasional yag beranggotakan hampir seluruh negara di dunia. Namun pbb dikuasai oleh 5 negara yang memiliki hak veto. Pbb didirikan di San Fransisco pada tanggal 24 Oktober 2945, Namun siding pertamanya di adakan di Church house,London pada taggal 10 Januari 1946. Pbb didirikan setelah Konferensi Dumbarton Oaks di Washington.
Konfrensi Dumbarton Oaks adalah konfrensi yang di dakan dua kali oleh Gromkyo Andrei (Uni Soviet). Edward Kayu (Inggris), dan Corde (Amerika Serikat) di dalam sebuah rumah yang terletak di goegetown. Konfrensi ini diakan pada tanggal 29 September 1944 dan 7 Oktober 1944. Dan perjanjian ini diresmikan pada 7 oktober 1944.
Seblum pbb terbentuk,sempat ada organisasi yang bernamakan Lbb (Liga bangsa-bangsa / LN – League of Nations). Lbb terbentuk pada tanggal 10 Januari 1920. Lbb adalah hasil dari perjanian Versailles. Lbb adalah program untuk menciptakan perdamaian dunia saat itu,pencetusnya adalah presriden amerika saat itu yaitu Woodrow Wilson, namun Amerika sendiri tidak pernah bergabung dengan pbb.
            Versailles adalah perjanjian antar sekutu setelah selsainya perang dunia 2. Dan perjanjian ini deresmikan pada tangga 28 Juni 1919 di Versailles Prancis. Perjanjian ini di hadiri oleh 27 perwakiln negara, dan di pimpin oleh perdana mentri Prancis.
Numun pada 18 April 1946 lbb dibubakan, karena dianggap tidak mampu mengatasi perdamaian dunia yang dibuktikan dengan adanya agresi yang dilakukan oleh suatu negara dengan negara lain. Dari 42 negara yang bergabung di lbb hanya 23 yang tetap menjadi anggota lbb hingga lbb remi dibubarkan.

Teori
·         Realism
Saya mengambil teori ini karena menurut saya setiap negara memiliki national interestnya sendiri dendiri. Karena perbedaan national interest itulah menumbulkan konflik sehingga ada pilihan untuk perang atau damai. Itulah yang menyebabkan lbb bubar,karena anggotanya memiliki ego (national interest) masing – masing yang menyebabkan agresi agresi antar German terhadap Polandia (1939 ), Jepang terhadap Manchuria ( 1931), dan Italia dan Abbessynia ( 1935 ). Dan karena setiap anggotanya sibuk dengan national interest masing masing dan kebetulan lbb tidak mengikat jadi membuat mereka seenaknya keluar masuk dan membuat lbb melemah dan ahirnya bubar.
·         Functionalism
Saya juga menggunakan teoti ini karena menurut teori ini “bentuk mengikuti fungsi”. Bentuk lbb tidak dapat mengikuti fungsinya karena lbb lemah terhadap negara –negara besar, dan lbb adalah prodak politik negara-negara besar. Sedangkan fungsi lbb yang sebenarnya adalah untuk menyatukan bangsa-bangsa,bukan lemah terhadap bangsa-bangsa yang maju.
Analisis & discussion.
Liga bangsa-bangsa didirikan pada 10 Januari 1920,dan bubar pada 28 Juni 1946 karena adanya agresi antara jerman,polandia,jepang,italia,Manchuria dan abbessyinia. Selain itu karena lbb lemah terhadap negar0negara maju,lbb juga prodak politik negara-negara maju. Dan karena adanya nasional interest yang menimbulkan konflik sehingga menyebabkan agresi-agrese seperti yang telah saya sebutkan tadi. Setelah hancurnya lbb, diadakanlah Konfrensi Dumbarton Oaks disini dicetuskan lah tentang pbb sebagai pengganti lbb. Konfrensi ini di dakan dua kali pada 29 September 1944 dan 7 Oktober 1944. Pada tahun berikutnya, tepatnya tanggal 24 Oktober 1945, dan sidang pertamanya pada tanggal 10 Januari 1946. Hingga kini pbb atau perserikatan bangsa-bangsa telah beranggotakan hampir seluruh negara di dunia. Dan kini pbb masih berdiri, karena pbb adalah organisasi internasional yang  bertujuan untuk menggerakan perdamaian dunia. Namun tidak menutup kemungkinan pbb akan bubar seperti halnya lbb.
Kesimpulannya pbb sebagai penganti lbb untuk mewujudkan perdamaian dunia. Berbeda dengan lbb pbb lebih mengikat. dan kegagalan lbb dahulu harus dujadikan pelajaran aagar pbb tidak seperti lbb.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

cerpen lama

fungi

2013 ( thanks God dor everything )