International Scout Peace Camp

Jakarta,5Maret 2013. Selasa ini cukup terik,matahari yang bersinar sangat menyengat dan berhasil membuat migrenku kambuh. Kelasku sudah bubar limabelas menit yang lalu detik-detik menjelang un memang sudah tidak di padatkan lagi jam belajarnya. Hari ini aku mau mengantar ketiga adikku untuk mengikuti sleksi International Scout Peace Camp,ituloh perkemahan perdamaian dunia yang di adakan di Indonesia.
Setelah mengurus surat izin untuk ketiga adikku tersebut aku langsung pulang ganti pakaian Pramuka Lengkap. Yang aku kenakan saat itu adalah baju Seragam Gudep karena mewakili ambalan. Berbicara soal gudep dan ambalan,aku besar di Gugus Depan Al-Khairiyah 04.025-04.026. Walau banyak anak seumuranku gengsi menjadi seorang Pramuka tapi aku bangga menjadi seorang Pramuka.
Pukul 13:45 Meli tiba dirumahku dan kita langsung pergi kerumah Farhah setelah pamit dengan enyak(nenekku)dan omku secara umu kuliah dan abi nganterin umu. Rumah Farhah tidak begitu jauh dari mampang dan ketika bertemu Fahah kita langsung pergi kerumah Nisa di daerah buncit 12,dan ternyata Nisa telah menunggu di depan rumahnya.
Lengkap sudah ketiga adikku dan mereka terlihat cantik dengan seragam yang mereka kenakan.,tanpa membuang waktu kita langsung pergi ke kwartir Cabang Jakarta Selatan dibilangan Jagakarsa. 45 menit perjalanan dari rumah Nisa ke Cabang,dan ternyata disana masih sepih. Setelah mengisi absen dan foam biodata. Dan ternyata mereka memaksaku untuk ikut sleksi tersebut,tanpa pikir panjang akupun menulis namaku nomer telepon dan Ambalan. dan satu persatu dipanggil.
Sleksi kali ini hanya test interview dengan om Eko dan kak Subakir. yang pertama dipanggil adalah Nisa lalu Meli dan Farhah waktu mereka setangah jam setengah jam. tepat pukul 16:55 namaku dipanggil sama kak Nela.. dagdigdugdeeeeeeeeeeeeerr..... tapi mencoba tetap tenang dengan pengetahuan yang ku tahu dan kesiapan seadanya aku mulai memasuki ruang interview.
"nama lengkap kamu Dina Atrasina ya tra ?" tanya om Eko
"iya om" jawabku
"Terus kenapa gak di panggil Dina ?"
"karena nama Dina pasaran om"
"oh gitu ya.."
"Tra biasanya kan kalo orang dikasih nama itu ada maksud dan tujuan tertentu. nah arti nama kamu apa tra ?"
"Perisai Agama om. kan Dina artinya Agama dan Atrasina Perisai,Tarsun asal katanya"
"oh.. maksudnya ?"
"Umi ama Abi mau Atra jadi perisai untuk Agama dan Negara ini kak"
"Tra kenapa abi kamu dipanggil kak Ade ? kan namanya Lukman Hakim"
"kan Abi anak kembar om dan bontot jadi dipanggil ade"
"ok kamu tau kan ini Perkemahan dunia dan bahasa penghantarnya inggris coba deh kamu jelasin siapa kamu pake bahasa inggris"
"seventeen years ago my mom born me in the word and she so happy because im the first child and my parents gave me name Dina Atrasina the meanig is Sheil of Religion,everyone who know me called me Atra. i go to Islamic Senior High school Al-Khairiyah,this year  the last year im in Senior High School. i Hope i can passed away to Brawijaya Unifersity. My hobbies are reading book,listening music,browsing and sleeping. I like yellow so much. I've one brother name Muhammad Ezra Zinky Afifi just call him Maez. He's grade one in MTsN 1" Jelasku panjang.
"ok cukup" sahut kak Subakir
"tra aapa sih motifasi kamu ikut Sleksi ini ?" lanjutnya
"motifasi ya ?!?! mmmmmm.... boro boro kak motifasi niat aja kaga.. orang tadinya cuma mau nganterin adik adikku eh mereka nyuruh ngikut sleksi yaudah atra pikir iseng iseng berhadiah. jadi ikut aja"
"jadi orang tua kamu gak tau kamu kemari ?"
"tau tapi taunya cuma nganterin gak tau kalo ikut sleksi"
"apa yang kamu lakukan kalo kamu lolos tapi orang tua kamu gak ngijinin kamu untuk ikut ?"
"jawabannya....... om Eko tolong rayu umi ama abi biar boleh ikut..."
"hehehe.... gak tau deh... laporan sepertinya"
"nah iya lapor secepatnya"
"tapi kayanya boleh si kak ama uminya mah... oia kebetulam kan Jakarta Selatan juga jadi tuan rumah kalo kamu kepilih otomatis kamu duta sekaligus tuan rumah Jakarta selatan nah kamu tau kesenian Betawi ?"
"palang pintu ? ondel-ondel"
"ya.."
"makanan ?"
"kerak telor ? temennya gado-gado apa deh ?"
"apa ? minuman ?"
"bir pletok ?"
"sama aja ama wedang jahe tra"
"gak tauu... lupaaaa masa..."
"yaudah makanan yang cuma ada di Betawi"
"apaan ? kerak ? sooto ?"
"bukan"
"iya bener kak... tadi kan dia menyebutkan kerak. kerak apaan Tra ?"
"kerak nasi ? kerak telor ?"
"makan kue rangi,yang kamu maksud temennya gado gado kredok tuh ada di luar tra.. sooto betawi"
"hah ? kue rangi ?"
"ok ok.. alat musik ?"
"waaduuuuhh.... reebana ?"
"kumpulan alat musiknya dah"
"hah ? huaaahahaha apaan ? mmmm gambang kromong ?"
" kenapa di namain Gambang Kromong ?"
"gak tau mungkin karena bunyinya kromong kromong kali"
"lagu ?"
 "kicir kicir ?"
"terus ?"
"mmmmm....."
"kamu bisa nari ?"
"mati gue... ini yang gue takutinn.."  bisikku dalam hati
"nari yang lagunya kicir-kicir ?"
"aduuuh om kak atra gak tau kalo tarian"
"yaudah selain tarian betawi ? kan biasanya anak sma jago saman"
"ya tetep gak bisa"
"kenapa ?"
"pasaran saman mah,atra pengennya nari daerah yang laen om kak biar gak itu itu doang"
"pasti kamu gak tau gerak ini namanya apaan" kak Subakir mencontohkan
"kaga kak"
"ok.. kamu Bantara ya tra ?"
"iya om"
"kamu tau dong kenapa tanda bantara tunas kelapanya ada dua dan bintangnya satu di atas ?"
"Bintang melambangkan ketuhanan yang maha Esa dan dua tunas kelapa menandakan Putra dan Putri"
"bedanya trisaya penegak dan penggalang ?"
"penegak ikut serta membangun masyarakat kalo penggalang mempersiapkan membangun masyarakat"
"kamu tau gak jakarta banjir lagi di daerah mana ?"
"aduuuh tadi atra liat beritanya tadi lupa tapinya.... pokoknya yang kemaren terparah banjirnya"
 "berapa tra ketinggiannya ?"
"kalo gak satu setengah meter 170an om... hampir dua.."
"tra ini kan perkemahan perdamaian dunia nah kamu tau sejarahnya ?"
"hehehehe lupa om..."
"kamu tau Indonesia masuk blok barat atau timur ?"
"timur kayanya"
"kok kayanya ?"
"luuupaaaaa..... aduuuhh gimana niih ?!?"
"yaudah saya rasa cukup. Bagaimana kak Eko ada yang di tambahin ?"
"ok cukup lah tapi banyak belajar lagi ya tra.. dan bahasa inggris sangat diperlukan. kaya waktu itu saya jalan di bank eh ada nasabah mau nuker uang dia nanya can i chenge to rupiahs ? kata petugasnya engga dia nanya lagi hal yang sama dan di jawab dengan hal yang saama. saya maju aja saya bilang sorry miss cant langsung dia pergi. kan harusnya dia bisa ya kan ? udah cukup.. kaka ?"
""jangan lupa kamu lapor kalo gak boleh... lapor ke ka Eko kek"
"iya kak"

Selsailah sleksi hari ini. Aku lamgsung keluar dari tempat test. dan langsung nyamperin ketiga adikku.
"lama aja lu kak" kata mereka bertiga
"emang lama ya ?"
"iyalah lo masuk belom jam lima kak sekarang ampir magrib nah.."
"yaudah yuk pulang ah.."
"emang boleh ?"
"au..."
"tanya kak..."
dan ahirnya aku nanya kek Nela dan kata kak Nela boleh pulang dan kita langsung pulang.

Tiga hari kemudian Hasil udah keluar,sebenernya hari itu juga tapi kepeserta hari jumat baru pengumuman. Dari 9 peserta hanya 1 yang terpilih,dan orang yang terpilih langsung lolos mewakili kontingen Daerah DKI Jakarta. karena ketiga adikku gak bisa jadi aku yang mengambil itu surat. dan ketika aku buka begitu terkejutnya aku mengetahui nominasi pertamanya adalah....
Dina Atrasina dari Al-Khairiyah dengan perolehan nilai 275....
Senang , sedih , kecewa , terharu dan bangga pastinya. senang karena aku lolos sleksi dan namaku sudah masuk kontingen DKI Jakarta. Sedih karena kenyataannya aku masih ujian sekolah. kecewa karena tetep gak bisa ikut. Terharu karena Al-Khairiyah pun gak kalah bagusnya dengan sekolah Negri. Senang karena aku berhasil membuat orangtuaku bangga.
Ya memang aku bisa saja ikut ujian sekolah susulan,tapi aku tetap meprioritaskan Sekolah. Ini Ujian Ahir Sekolah. Walau sempet ragu dan tetep nekat mau ikut kegiatan tapi ahirnya aku tetap memilih Sekolah. Umurku baru17 tahun... Masih banyak kegiaatan Internasional yang bisa aku ikuti. dan aku digantikan oleh temanku yang nilainya beda lima denganku.. Dan karena nama saya udah masuk kontingen daerah jadi aku harus mengurus surat pemunduran diri.
dan aku bangga karena banyak teman yang menghiburku saat aku bilang aku melepas kesempatan itu. Kesempatan memang jarang adanya tapi aku yakin kesempatan gak cuma datang sekali kalau aku fokus. Dan ternyata banyak pelajaran yang aku ambil diantaranya aku jadi lebih serig nonton berita dan lebih fokus mempelajari kebudayaan Betawi dan dengan bangga memberi tahu sebagian temanku. Dan karena Sleksi Ispc aku berniat untuk maengikuti kontes Abnon 2014 nanti.

Aku bangga menjadi seorang Pramuka dan Aku bangga dengan Kebudayaan Indonesia terutama kebudayaan Jakarta.

Inilah pengalamanku,diangkat dari hal yang pernah aku alami semoga bermanfaat.
Jakarta,18 Mai 2013
Dina Atrasina

Komentar

Postingan populer dari blog ini

cerpen lama

fungi

2013 ( thanks God dor everything )