jota joti


Pada tanggal 14s.d 16 oktober saya Dina Atrasina dan beberapa teman lainnya mengikuti  perkemahan teknologi 2011 di MAN 4 JAKARTA dalam rangka Jambore On The Air & Jambore On The Internet. Saya dan teman-teman (Dedi Prastiawan , Ratih Rosariaiindah , dan Shibah Masruroh) kita mewakili saka Wirakartika,disana kita menjadi panitia sie. Keamanan.
Karena kita hanya berempat sedangkan kita kebagian tenda dum jadi kita memutuskan untuk gabung dengan smk 59. Dan mereka membantu kita berjaga pos. hari pertama cukup menegangkan,karena siangnya terjadi tauran di depan lokasi kemah. Tapi sewaktu saya tiba di tempat kemah pada pukkul 14:15 tauran sudah selesai,semuanya diamankan oleh k’Dedi.
Malam pertamanya sehabis solat magrib saya dan k’Dedi mengambil terpal di rumah saya di daerah mampang.  Kita menuju rumah saya mengendarai motor,dan jalanan pada saat itu macet banget. Sedangkan Shibah di amanatin untuk jaga pos,Shibah di temani oleh Yuni dan Arfan.sesampainya di rumah orang tua saya telah menyiapkan terpalnya dan orang tua saya menyuruh saya membawa kue bolu.
setelah itu kila langsung kebali ke MAN 4,niat awal mau menghindari macet biar cepat sampai,namun emang sudah nasip kita salah belok dan nyasar. Setibanya di MAN 4 pukul 20:40 dan mungkin seluruh panitia sudah makan sedangkan kita belum ada yang makan dan kalaupun minta kita tidak enak. Untungnya ada bekal kue bolu dari orang tua saya,jadi setelah gelar terpal dan tenda rapi kita makan kue bolu dengan keadaan gelap gelapan karena kita tidak kedapetan listrik.
Pukul 21:00 k’Dedi membagi tugas,sift pertama yang berjaga saya,Yuni,Shibah. Kerena k’Ratih ada urusan yang harus diselsaikan di rumah jadi dia kpulang malam itu. Jam 23:00 waktunya ganti sift. Sift ke dua waktunya k’Dedi dan Arfan. Tetapi ketika pukul 23:45 k’Drdi menyuruh saya dan teman-teman untuk ronda sekali lagi dan menyuruh peserta yang belum tidur untuk tidur. Selsai ronda k’Dedi menyuruh saya dan Shibah untuk tidur karena esok harinya saya dan Shibah harus kembali kesekolah untuk mengikuti ujian tengab semester.
Esok paginya saya bangun ketika azan subuh. Setelah peserta bubar sholat subuh saya,Shibah dan Yuni sholat subuh. Setelah selsai solat subuh dan siap-siap untuk uts saya dan Shibah berpamitan untuk pergi kesekolah. Seselsai ujian sekolah saya dan Shibah memutuskan untuk mandi dulu di rumah. Dan ketika kita mau kembali ke MAN 4 azan zuhur berkumandang jadi kita piker solat zuhur dulu.
Pukul 14:20 kita tiba dilampu merah dekat terminal lb.bulus. karena nanggung kita memutuskan untuk jalan kaki. Dan ternyata capek juga… setibanya di MAN saya langsung beli air mineral,dan ternyata k’Ratih sudah tiba. Sekitar pukul 15:00 k’Jujun dan k’Ajay dating. K’Jujun mengajak temannya yang dari Jambi. Dan temannya k’Jujun mentraktir kita makan siang.












            Dan ketika itu baru ada panitia yang menawari kita untuk makan. Dan baru pada saat itu juga kita kedapatan air mineral untuk minum. Tapi tetap aja listik tidak dapat. Setelah selsai makan saya,dan  K’Dedi pergi mencari batubatre untuk kamera dan mencari soft drink. Shibah,Yuni,,k’Ratih,dan Arfan mencari kayu bakar dan salah satu diantara kita bergantian menjaga pos. Dan sialnya yang pertama jaga pos a/ saya dan ditinggal sendiri mana hp saya dibawa shibah,kamera di bawa kak dedi. pas shibah balik langsung kabur hahaha
            Disana saya gak banyak nyari kayu arfan dan kak dedi dan saya foto foto. tapi tetep aja tangan saya luka karena saya ambil dan mindahin kayu tersebut. Tangan saya dan teman-teman pada luka Karena kayu bakarnya Tak terasa sudah sore dan ketika semua kayu terkumpul saya memilih untuk cuci muka dan solat Asar. Dan setelah solat saya dan kawan menikmati sore di depan pos untuk tetap berjaga sambil foto foto sama kak yang lain tapi sayangnya fotonya ilan bersama foto kak banu.……. Tak terasa azan magrib berkumandang dan kita semua masuk kedalam pos. saya dan k’Ratih langsung ke musola untuk solat magrib.
           
Dan setelah solat magrib ternyata kayu bakatnya kurang jadi saya,Arfan,Imam (anak Smk 59) mengambil kayu bakar lagi dipinggir jalan tol. Kita mengankut kayu bakar dengan peralatan seadanya. Setelah semua kayu teraKita mengankut kayu bakar dengan peralatan seadanya. Setelah semua kayu terangkut saya dan teman-teman di suruh ganti baju dan mulai untuk berjaga lagi. Malam itu ada pentas seni jadi kita harus berjaga lebih ketat lagi.
            Saya dan Arfan berjaga di lapangan basket dekat dengan jalan. Yuni dan Imam jaga di depan gerbang pentas. K’Ratih dan gak tau siapa lupa namanya hehehe berjaga di bawah antenna. Sedangkan k’Dedi dan Shibah keliling untuk mengecek pos to pos. sekitar jam 10:40 saya di panggil untuk makan. Saya makan berdua Arfan di pos jaga kita. Dan ternyata itu buat makan berame-rame dan saat yang laen makan saya dan Arfan gak makan lagi,kesian yang laen takut kurang soalnya 1 rameh-rameh.



Dan setelah kita makan kita lihat api unggun dulu. Dan kita foto-foto sama guru smk 59 kemudian setelah  itukita kembali lagi ke pos masing masing. dan ternyata kak banu udah dateng,karena hp saya ama kak dedi dan dituker nomernya kak banu kira hp saya lowbat,dan dia salah liat orang dikiranya salah dia langsung ngirim pesan di fb kata kak banu : "saking sibuknya megangin antena ampe kk lewat gak tau mmmm jadi keliatan agak sombong yee... " pesan kedua "eh kk salah orang deng hehehehe"
            Pukul satu kita baru ganti baju bebas. k’Bhanu abis jotian di dalam rencananya dia mau tidur tapi karena ada saya dan kak ratih ajak jaga pos di jadi ikutan jaga pos. semuanya pada kumpul di pos saya di lapangan basket,karena pos saya perbatasan antara jalan menuju perumahan warga dan lokasi kemah. untuk mengilangi rasa bt kita saling cerita. saya di ajak jalan ama kak banu n kak jujun. kirain mao kemana eh gak taunya kedalem man 4 nya dan ol,saya pikir saya mao chatingan ama siapa jam 2 pagi ? ternyata gak lama saya dan kedua kk saya jalan arfan bangun dan bertanya "atra mana ?"  dan kata kak ratih "atra di cariin,topi mana topi ?" dan arfan nyahut kaga ada kopi disini !!" dan semua pada ketawa. Saya,Shibah,k’Ratih,Yuni,k’Dedi,k’Bhanu,dan k’Jujun belum tidur namun satu per satu diantara kita lelah dan ahirnya sekitar jam 03:20 tinggal k’Jujun,dan ditemani oleh k’Ajay dan k’Bani.


        
    Azan subuh kita semua di bangunin dan di suruh pindah ke pos keamanan. Dan emang pada lelah semua pada ngegeletak lagi di pos keamanan. Jam 5 saya bangun dan solat subuh sama k’Ratih. Sedangkan k’Jujun mengantar temannya yang dari jambi ke bandara. Setelah solat saya k’Ratih dan Shibah menikmati pagi yg cerah dan cukup panas. Dan saya jalan sama kak banu nyari sarapan. tadinya kak banu ngajakin makan bubur tapi saya inget yang ada di pos. jadi saya bilang "enggak ah kesian yang ada di pos kk". selama perjalanan kita ngorbol banyak dah .... hihihihi senangnya saat itu.... :) Pukul 7:15 k’Bhanu pulang karena k’Bhanu mau kuliah,saat dia pamit saya meperin coklat dan karena kak banu mao kiluah dan saya gak tega jadi saya bilang "ati ati bleberan" . dan dia ternyata meperin coklat lagi kesaya dan jadinya rebek kemana mana. setelah kak banu jalan dan saya memilih buat tidur hahahaha......
Pukul 7 acara dimulai lagi. Acara terahir lomba-lomba. Berbagai lomba di perlombakan  dari senam pramuka hingga waitgame. 

Setelah lomba ada flying fox untuk penggalang sd. Dan diantara kita sie keamanan membantu unt uk memasang alat alat flying foxnya.

           
            Sewaktu peserta pada lomba ada beberapa anak kecil yang bermain bola di lokasi kemah sya samperin sya Tanya baik baik tapi itu anak kecil ngeledek dan untungnya saya bisa nahan emosi saya biar ga marah-marah sama anak kecil itu,tiga kali saya adu mulut sama anak kecil. Awalna saya bilang baik-baik tapi mereka malah nyolot. Dan ahirnya mereka mengalah dan pindah tempat main.

Acara terahir disana upacara penutupan. Upacara penutupan juga pengumuman lomba-lomba yang telah di selenggarakan. Kemudian foto bersama seluruh peserta dan panitia perkemahan teknologi 2011.

                                                                                             

                 Seluruh peserta bubar sekitar pukul 15:00 namun panitia pulang pukul 20:00 kita harus merubuhkan dan melipat tenda dahulu. Waktu tak terasa kecapean ngelipet tiga tenda saya dan k’Ratih tidak keburu solat magrib. Yuni pulang bareng k’Ratih,Arfan bareng panitia yang rumahnya searah. Dan kemudian saya dan Shibah diantar pulang sama k’Jujun dan k’Dedi.
                 Demikian laporan ini saya buat dengan apa adanya. Wassalamualaikum wr. Wb.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

cerpen lama

fungi

2013 ( thanks God dor everything )