Senin, 19 November 2012

cerpen lama

Nadin adalah seorang mahasiswi sarjana s2 jurusan farmasi (gizi). Nadin anak kedua dari empat bersauara ,keluarganya termasuk oran g ekonominya menengah atas. Begitu juga pacarnta Marsel ,Marsel pun gak jauh beda ma Nadin. Marsel seorang mahasiswa s2 jurusan Teknologi.
Ternyata dari kedua org tua Nadin dan Marsel telah merencanakan tunanganyg tanpa diketahui oleh Nadin dan Marselnya sendiri.Dari mulai cincin hingga semuanya sudah ditanggung oleh org tua Nadin dan dibiayai oleh orang tua Marsel.

org tua Nadin tinggal ngurusin masalah ketring dan kapan berlangsungnya acara. pada saat itu nyokapnya Nadin pergi janjian dgn seorang ceff yg jg shbt'a disebuah restoran. pertemuan mereka ternyata diliat oleh Marsel,dan Marsel salah paham
"Tante,tante ngapain disini?,tante sendiri?"
"oh.. Marsel,ia ni tantesendiri lg nunggu temen"
"mau Marsel temenin te?"
"kll km ga repot gpp,tp ga usah dah nanti ngerepotin lagi.. oh ya km mau makan apa?"
"emmm... beef burger aja dah te,sama jus jeruknya"
"ok,mbak,pesen beef burger'a 1,steak'a 1,jus jeruk'a 1 ma jus stoberi'a 1 ya.."
"tante bener-bener sendiri,ga di anterin supir gitu?"
"ialah ... masa tante sendiri ,abis'a dirumah ga ada orang,Reyhan lagi ga nginep,Nadin jalan ma Micheal ma Nadin,trz si Rama biasa lah,ngeband"
"Dinda ikut Nadin te?"
"ia,dr dulu setiap ada Micheal kerumah pasti dah Dinda ga mao ketinggalan"
"owh..."
"1 beef burger,isteak,1 jus jeruk dan 1 jus stoberi.. semua'a jadi Rp 48.000. uang'a Rp 50.000 kembalinya nanti ya bu"
"ok..
makan Mar.."
"ia tante..wah,tante Marsel jd ngerepotin nih"
"gapapa nyantai aja.."
"sory Fit,w telat,gila ya jakarta macet banged" tiba-tiba seorg lk-lk datang
"oh,ia gpp.. kenalin ni Marsel pacarnya Nadin"
"Marsel zainudin,panggil aja Maarsel"
"Raka"
"Oh ya, pesan lagi, steaknya satu sama moccacinonya satu..."
"tau aja loe, apa yang gue suka hahaha... oiya btw si kecil dinda mana?"
"ikut nadin, biasalah kalau ada temanya si micheal dia ga mau ketinggalan"
setengah jam mereka berbincang-bincang tapi, belum masuk keinti dari apa yanng mereka rencanakan dari pertemuan itu, karena ada marsel.
"tante, om, marsel balik dulu ya soalnya nanti riyan mau ke rumah, "
"oh ya uda hati-hati ya marsel salam ya buat mama dan papa"
marsel hanya menganggut dan pergi 
"fit, itu cowoknya nadin? engga salah ?"
"emangnya kenapa?"
"engga cii tapi maaf-maaf ya wajahnya biasa aja standar lah, engga da yang lebih cakep apa?"
"ehm sebenarnya ada cii namanya micheal nadin lebih memilih dia dari pada marsel katanya"
dah akhirnya mereka mulai masuk dalam pembicaraan tentang masalah ketring, sedangkan di rumah marsel, marsel lagi curhat sama riyan sahabatnya yang setia banget.
"yan gue ilfil sama tante fitria... "
"kenapa kok bisa ya ?"
"tadika gue ketemu dia,di penvil gue manggil gue terus dia ngajak makan,katanya dia mao ketemuan temennya,tp gue ga yakin kalo mereka hanya temen biasa,pokonya deket-deket ini w minta putus ma Nadin"
"yaelah sel,,bkn'a loe cinta mati ya ma nadin?"
"ia,tapi sekerang gue ga mao,nyokapnya aja gitu,tar anaknya gitu juga lagi.."
"WEIZ...nyantai bro,,, loe jangan ambil keputusan sesingkat itu.katanya loe mao nikah ma nadin"
"ia,itukan dulu .. tapi sekarang ga mao... oia,btw gue punya kenalan tu di twiter emm... namanya my fianika.. ya profil pic'a sih lumayan,terus g ue tukeran nomer hape ma dy"
"eh... cinta lo mao dikemanain?"
"kan tadi dah gue bilangin ,iya diputusin lah"
"jangaan..."
"gue lebih milih my fia nika dari pada nadin,coz fia punya hotel bintang 5 bro.. ma restoran ternama dijakarta"
"ah masa sih? dia boong kali"
"enggak"
"yakin loe?"
"yupz..."
"huwft terserah deh..."
besok piginya marsel sms nadin gini : "hi nadin.. gy pa ni? emm... tarr malem km ad acara ga cinta? kita dinner yu q jemput jam 7 ya"
hi juga cinta.. q gy mao kekampus nih... km sndr agy apa? ywdh q tunggu ya"
itulah sms balesannya
"oh.. hari ini km kekampus ya cinta? pulang jam berapa? kita makan siang aja dah"
"yaudah tapi ga usah jemput q ya"
sesampainya dikampus nadin disabut oleh micheal diparkiran,walaupun mereka sahabatan tetapi banyak orang yg mengira mrk pacaran,karena mereka sangad dekat
"loe lama banget din"
"biasalah macet,lo da lama mic?"
"enggasih,baru 15 menit si"
"auah...lama banget,lama benget loe aja baru sampe"
"dayu masuk dah siang nih"
"yaelah baru jam 8,gue masuk jam 8:30,loe jam berapa?"
"sama,kantin yu leper nih"
"ayo,gue juga belom makan"
"akh... gimana si? masa ahli gizi ga sarapan,mana energinya?"
sedang asik-asiknya mereka ngobrol ternyata mereka sudah nyampe dikantin. sedangkan dirumahnya marsel
"hallooo... riyan.."
"eh ,, ole ngape?"
"yan,w dah jadian ma fia"
"serius? terus tar nadin mo dikemenain?"
"w putusin py w sayang si mutusinnya,ah biarin aja,lagian selama ni dia deket ma micheal gue cuek aja"
"parah loe.. ati-ati karma"
"ia pak ustad.."
"mamg sebelumnya lu udah pernah ketemu ma fia?"

puisi untukmu


Setiap lamunan,aku selalu teringat bayangmu.
Sosok dari seorang pahlawan tanpa tanda jasa.
Aku terigat semua candamu,amarahmu,tutur katamu,bercampur menjadi kebahagiaan di dalam kelas.

Guruku kaulah sosok itu.
setiap kata-kata yang keluar dari bibirmu seperti menghantarkan kedalam Qalbu kami.

Guruku kaul akan selalu kami kenang selamanya.

guruku kau bukan hanya seorang guru bagiku,tapi juga seperti iu kandung aku.

guruku aku menyayamgimu.
semua kenangan yang aku alami bersamamu takkan pernah aku lupakan.

Aku siap menjadi saksi amalmu di hadapam Nya

selamat jalan guruku..
aku akan selalu mengenangmu..
aku selalu mendoakanmu..
terimakasih guruku...

By : X.I (Ary,Mumu,Hany,Atra)
untuk Ibu Ziah...

Minggu, 18 November 2012

ahk...

pagi itu aku kembali ke ruangan itu,tempat dimana aku menuntut ilmu. memang kelasku adalah kelas yang terdidik,namun adalah kelas yang terberisik. kadang aku malas dateng kesekolah karena teman-temanku selalu mengganggu,selalu berisik,tertawa dengan keras,bercerita bersama dan galau bersama. menurutku kelasku memang kompak tapi kompak dalam hal yang negatif. sungguh kadang aku ingin tonjok mereka yang berisik,memang mereka pintar namun bacot mereka sungguh membuatku naik darah ahk.... ingin aku keluar dan pergi menjauh meninggalkan teman temanku.
seperti hari ini seperti biasa mereka selalu mengusik dengan bacot mereka..
"Aduh...aduh...."
"hmm... hmm.."
"ehmmmnya kaya kita..."
"ahahahahahahahaha................"
"ehm ... ehm.. makasih yah udah mau jadi teman gue.."
"ahahahahahahahahahahahaha"
"kau terindah... kan selalu terindah..."
"ehm ... ehm.. makasih yah udah mau jadi teman gue.."
"paduan suara.... ehmm... makasih yah...."
Hah saut mereka secara bergantian. sungguh mengganggu  konsentrasi namun aku tidak dapat melakukan apa-apa. dan menurutku buang-buang waktu dan energi untuk meladeni mereka.

jakarta,september 2012

Kamis, 15 November 2012

coooppeeeeetttttt.............

jakarta,26 Desember 2011
"wa yg ikut besok sape aja ? kl dikit mending dikensel aja... w juga gak tau boleh apa kaga..."
sms dikirim
"nah kok gitu tra ? kan lo yg ajakin,masa lo yg gak ikut ?"
"gue males deh wa... lagi juga kalo gak bangyak fak seru ahh..."
"aahhh lo yg bilang deh ke anak anaknya..."

"plen besok kita gak jadi aja deh.
lonya aja pada ngegantung..
gue jg gak tau boleh apa kaga....
kita kensel aja,lagi juga kalo yg ikut dikit gak seru tau...."
sms dikirim kebanyak...

"ngegantung gimana ?"
1 sms balesan
"iya ngegantung... pada jawab insa Allah"
"bsk bsk kalo mao jalan liat liat dulu dah tra !!"

"temen gua bogo dah,dari smlm ngajakin ke bogor giroh banget eh skr gak jadi. gue juga gak tau boleh apa kagak.."
1 lagi sms balesan
"iya emang gue bogo _ _ _"

"yaudah besok besok w juga gak akan ikut lagi kok tra !!"
"yaudah w juga ogah ngajak jalan lagi"

fungi


                                                        FUNGI
A.    CIRI – CIRI DAN STRUKTUR JAMUR
Jumur memiliki cirri-ciri dan struktur sebagai berikut :
*      Bersifat eukariotik,dinding sel umumnya terdiri atas selulosa.
*      Tidak berklorofil sehingga bersifat heterorof
*      Bersel banyak (multiseluler) tubuhnya terdiri dari benang-benang yang disebut hifa
*      Hifa  ada yang bersekat dan tidak bersekat. Pada hifa yang bersekat,setiap sekat merupakan sel yang mengandung satu atau beberapa inti. Hifa yang tidak bersekat mengandung banyak inti dan disebut senositik.
*      Hifa yang tumbuh ke atas menjadi sporangifor (tangkai spora) yang mengandung sporangium.
*      Hifa bercabang-cabang membentuk jarring-jaring yang disebut miselium.
*      Hidup di tempat lembab,mengandung zat organik,bersifat sedikit asam,dan kurang cahaya matahari.
B.     REPRODUKSI JAMUR
Jamur berkembang biak secara vegetatf dan secara genetatif
*      Secara vegetative
Dapat berlangsuns secara berikut
*      Tunas atau kuncup, tunas yang dihasilkan disebut blastospora.
Contoh : saccharomyces yang merupakan jamur uniseluler.
*      Fragmentasi memutuskan benang hifa yang dapat tumbuh menjadi individu baru
*      Konidia (konidiospora) sepora yang di hasilkan dengan membentuk sekat melintang pada ujung hifa sehingga membentuk banyak konidia.
Contoh : penicillium dan aspergillus
*      Klamidosporaberupa spora yang berdinding tebal.
*      Spora (sporangispora) merupakan spora yang terbentuk dari kotak spora (sporangium)
*      Zoospore merupakan spora yang memiliki flagelasehingga dapat bergerak di alam.
*      Secara generative
Spora yang terbentuk hasil peleburan dua sel atau secara konjugasi.
*      Zigospora adalah dua spora yang dibentuk